Thursday, December 28, 2017

OfficeCorner: Welcome to CorporateLand for New Rats

Disadari atau tidak, sebagian besar umur manusia akan dihabiskan untuk bekerja, entah itu bekerja pada perusahaan sendiri, atau berwirausaha maupun bekerja di sebuah korporasi. Logikanya, pilihan yang nomor dua adalah yang memiliki kuantitas manusia yang lebih besar daripada yang pertama. Kita bekerja dalam sebuah komunitas, memiliki rekan kerja, yang kadang ada yang disukai maupun tidak, selalu membuat laporan yang diserahkan kepada bos kita dan mengikuti agenda dan aturan yang telah dibuat oleh perusahaan


Menginjak umur 22-23 tahun, biasanya kita akan masuk kedalam sebuah workforce. Bagi mereka yang kurang beruntung karena misalkan tidak bisa menempuh pendidikan tinggi, biasanya akan lebih dahulu bergabung ke dalam kelas pekerja dengan jenis pekerjaan yang kebanyakan akan bersifat kasar. 

Sewaktu anda masih belum bekerja, masih dalam masa pendidikan atau pengangguran, pernahkah kita membayangkan kehidupan yang akan kita alami di CorporateLand, dari Senin sampai Jumat, dari pukul sembilan pagi sampai sore, dan bisa jadi anda akan menghabiskan puluhan tahun umur anda untuk mendapatkan kebebasan finansial? Mungkin saja, seumur hidup, kita tidak akan pernah mencapai kebebasan finansial. Secara realistis, bisa kita hitung dari berapa gaji yang kita dapat pertahun dan jumlah pengeluaran untuk kebutuhan. Hal ini bagi sebagian besar orang, tentu sudah mereka pikirkan. 

Aspek keamanan dalam hidup, terutama secara finansial adalah hal yang dikejar oleh setiap orang. Maka dari itu, keamanan dalam hidup juga sangat bergantung dari keamanan dalam pekerjaan, misalkan resiko dari pemecatan. 


Semua yang diutarakan diatas, pada akhirnya akan membuat orang berlomba-lomba untuk mendapatkan apa yang mereka idamkan sebagai The Dream Job, yakni pekerjaan berpenghasilan tinggi, resiko rendah pemecatan, waktu yang fleksibel dan benefit yang lain. Semuanya untuk mengejar keamanan dalam hidup. Pada akhirnya, CorporateLand bisa jadi akan menjadi medan perang antar pekerja, i.e: saling berebut untuk mendapatkan kepercayaan si bos, peningkatan performa sehingga bisa naik jabatan/ gaji, etc. Hal ini bisa diibaratkan bekerja di CorporateLand berada dalam sebuah "rat race", sebuah pengejaran melelahkan, repetitif, membosankan, yang menguras pikiran dan waktu demi mendapatkan salah satunya adalah rasa aman berupa kebebasan fnansial. Selain itu ada juga rasa gengsi, dan masih banyak lagi. Sehingga tidak ada waktu untuk relaks, atau bekerja tanpa rasa enjoy. Hal ini biasa terjadi pada perusahaan yang mematok target dan deadline dimana juga terjadi persaingan antar perusahaan. Rasa kepuasaan hanya bisa didapat ketika telah memenuhi target dan mendapatkan bonus baik itu apresiasi dari bosa maupun kenaikan gaji/ pangkat.

Dalam rat race tersebut, juga tidak jarang kita menjadi korban, misalkan stress, emosi naik turun, rekan kerja menjatuhkan kita di hadapan bos dengan mencari alasan untuk menutupi kekurangan mereka, bahkan hingga kita harus menderita sakit. Bagi para new rat, fresh graduate, atau newcomer lingkungan CorporateLand bisa jadi akan membingungkan mereka. 

Sebagian besar waktu dan pikiran telah dihisap dari hidup mereka untuk bekerja yang entah sampai kapan mereka masih harus bergantung. Belum lagi, jika hak mereka masih harus dimanfaatkan oleh rekan kerja yang lebih senior, perusahaan mereka, bos mereka, hingga bahkan oleh pemerintah. 

Sometimes, CorporateLand is like a warfare. Seri "OfficeCorner" pada blog ini akan menyajikan sebuah insight menghadapi Warfare dalam CorporateLand dengan tujuan untuk survive dengan damage seminimal mungkin dan sekaligus memaksimalkan kesempatan yang ada untuk memenangkan setiap pertempuran. 
The problem with everybody who knows about the Game is sometimes the don't know about the Rules. Welcome to OfficeCorner Series.  
NOTE: Tidak semua dari anda akan setuju dan mengikuti apa yang ditulis di seri "OfficeCorner", namun paling tidak akan memberikan sebuah pengetahuan dalam hidup anda. Cheers

No comments:

Post a Comment